Itang Yunasz Garap Busana Muslim Murah

Siapa bilang perancang kondang harus membuat busana mahal? Buktinya Itang Yunasz, ia justru memperkenalkan Preview, busana Muslim pria yang murah meriah. Dijual hanya Rp 125 ribu per potong, Preview malah laris manis diburu orang.

Terobosan Itang menggarap Preview berawal dari Adrizal – kerabat jauh Itang – yang melihat peluang emas pasar baju koko menengah-bawah. Ketika sering melihat Ustadz Jeffrey (UJ) mengenakan baju koko hasil rancangan Itang, ia terpikir mendorong Itang untuk membuatnya secara massal. Terlebih kini tersedia sarana yang mendukung, yakni Pasar Tanah Abang. Rizal percaya, Pasar Tanah Abang akan menjadi tempat strategis untuk pemasarannya.

Toh, tidak mudah Rizal meyakinkan Itang. Lebih dari tiga bulan lulusan STIE YAI bidang Manajemen Pemasaran ini memahami keraguan Itang. Bukan soal potensi pasar, melainkan masalah lokasi. “Itang kurang berkenan kalau hasil desainnya dipasarkan di Tanah Abang,” ungkap Rizal. Akan tetapi, setelah melihat sendiri kondisi Pasar Tanah Abang sekarang, Itang baru percaya.

Soal merambah segmen menengah-bawah, tidak menjadi soal buat Itang. Bagi bapak dua anak ini, bisa diterima di kalangan menengah-bawah juga merupakan sebuah kebanggaan. “Terserah orang bilang image saya bakal turun karena membangun usaha ini. Yang terjadi malah sebaliknya, mereka akhirnya sependapat dengan saya,” ungkap Itang.

Itang tidak sendiri dalam mengembangkan Preview. Ia berkongsi dengan beberapa orang kerabatnya. “Ada yang kontribusinya untuk urusan produksi, sementara Rizal untuk pemasaran dan penjualannya, sedangkan kontribusi saya untuk urusan desain,” tuturnya.

Strategi yang digunakan Itang dkk. dalam mengembangkan Preview tergolong cukup unik. Mereka mengepung Pasar Tanah Abang dengan lima gerai. Tiga gerai menempati lokasi di Blok A, satu gerai di Blok F, dan satu lagi di Metro Tanah Abang. Semua gerai itu milik mereka sendiri. Dan untuk menarik konsumen, di setiap gerai Preview, dipajang gambar UJ, David Chalid, dan Itang yang tengah mengenakan koleksi Preview. Dan tak dapat dipungkiri, penampilan UJ yang mengenakan baju koko Preview di televisi, cukup mengundang perhatian pemirsa untuk memiliki baju yang sama seperti UJ. “Tapi yang jelas, semua itu karena Tuhan,” ujar Itang singkat.

Dalam hal desain, Preview tidak dibuat repeat production. Paling tidak dalam seminggu ada tiga item baru yang dibuat Itang, atau 12 item baru per bulan. Setiap item produk dibuat sekitar 200 potong, setelah itu dibuat desain yang baru. Hingga saat ini sudah lebih dari 100 item produk desain yang dibuat Itang.

Dengan harga yang relatif murah, penjualan baju Muslim ini pun laris bak kacang goreng. “Sehari kami bisa menjual sampai 200 potong. Namun angka tersebut sesekali. Kalau bicara rata-rata mungkin sekitar 100 potong per hari atau Rp 7,5 juta per hari,” papar Rizal. Angka penjualan itu menurutnya cukup untuk menutupi biaya operasional, yaitu biaya sewa dan perawatan toko mencapai sekitar Rp 5 juta per bulan plus membayar gaji karyawan toko per hari Rp 30 ribu.

Seiring dengan pertumbuhannya, bulan ini Itang membuat koleksi baju Preview untuk segmen anak usia 4-12 tahun dan wanita dewasa. Dalam waktu dekat pihaknya juga hendak mengembangkan pasar untuk segmen bawah dengan harga eceran sekitar Rp 50 ribu per potong, tapi tidak menggunakan merek Preview (merek baru). “Untuk menghindari kejenuhan pasar, kami akan terus berkreasi sesuai dengan keinginan pasar. Ke depan, kami akan terus mencari peluang-peluang baru di bisnis ini,” Itang menambahkan.

Artikel ini dimuat di Majalah SWA edisi 21/2006, 5 Oktober 2006

About these ads

35 responses to “Itang Yunasz Garap Busana Muslim Murah

  1. apakah dengan masuk ke segmen menengah bawah tidak akan merusak image dari Itang Yunasz?
    memang sih, kalau di perhatikan merek ini menjadi idola di kalangan pria muslim, khususnya dari segmen menengah
    mungkin itang berusaha untuk realistis, dimana yg bisa menghasilkan uang besar, disitu yg dia garap

  2. Preview by Itang Yunasz saat ini produknya bisa ditemui dimana-mana, baik itu yang asli maupun yang tiruan, sehingga sudah agak susah untuk menemukan ciri yang khas dari Preview karena semua orang membuat produk yg sama

  3. prewiew by itang yunasz merupakan busana muslim yang elengan dan enak untuk di pakai bagi orang yang mengiginka kenyamanan dalam berbusana…

  4. Saya Didiet dari balikpapan. Saya berminat menjadi agen preview untuk saya taruh di toko istri saya di trade center Balikpapan plaza. tolong donk info n katalog terbaru serta syarat2nya (lengkap dech). Thx. Pls Bls

  5. saya kebetukan sering beli preview untuk dijual lagi, yg ingin sy tau bgm cara untuk jd agen? apakah pake sistem satu tangan per daerah?

  6. salam,
    saya dari malaysia. baru-baru ini saya telah membeli busana preview. bagus produknya.
    bagaimana saya mungkin menjadi agen di malaysia?

  7. yg ingin saya tanyakan apa ciri khas dari produk preview by itang yunasz? saya sudah 3 kali beli produkya, tp gak tau asli atau tidak. terima kasih.

  8. Tetang PREVIEW by Itang Yunasz
    Pakai jilbab tak berarti harus tampak kuno dan ketinggalan mode. Sekarang banyak muslim dari 230 juta penduduk Indonesia yang ingin tetap tampil modis,tentu dengan menutupi seluruh auratnya. Ya, berbusana muslim kini bukan lagi sekadar pemenuhan ajaran agama, melainkan juga bagian dari dunia mode.
    PREVIEW lahir tahun 2005 dari tangan dingin sang pemilik, Adrizal yang visioner. Bekerjasama dengan Itang Yunasz, desainer kawakan nasional, PREVIEW langsung mendapat sambutan hangat. Beberapa showroom dan outlet dibuka di Jakarta dan Bandung. Dengan semangat menjadikan busana muslim sebagai identitas yang indah, expansi terus dilakukan. Hingga 2007, ratusan mitra bisnis dan outlet lahir diseatero Indonesia. Ratusan koleksi busana muslim terus dilahirkan dari ide kreatif Itang Yunasz. Puluhan lain menyusul tahun ini. Dengan visi diatas, busana muslim tidak hanya sebatas pakaian ibadah dan rumahan, tapi juga pakaian formal yang modis, tidak hanya untuk orang tua, tapi juga pakaian gaul anak muda.
    Models
    Di antara berbagai merek busana muslim di pasaran, mencuatlah nama PREVIEW. Menampilkan Ustad Jefry Albuchori dan ustad Ahmad sebagai ikon koko serta artis jelita Inneke Koesherawati dan Nella sebagai ikon MUSLIMAH, Preview termasuk salah satu merek busana muslim paling beken di Indonesia. Apalagi Agen tersebar di banyak daerah.
    Investasi
    Setelah sukses membesarkan merek Preview dan melihat pasar busana muslim yang begitu besar, tahun ini Adrizal sang pemilik mulai menawarkan kerjasama bagi pemilik modal yang ingin masuk ke bisnis pakaian muslim. PREVIEW menawarkan tiga bentuk kerja sama yang masing-masing mensyaratkan modal dan sistem yang berbeda-beda.

    Investasi Silver
    Tawaran kerja sama yang pertama adalah tipe Silver. Dalam kerja sama ini, agen tak perlu membuka toko dan merekrut karyawan segala. Sebab, si agen akan bertindak sebagai jaringan pemasar atau salesman produk-produk PREVIEW. Caranya bisa jualan door to door, menawarkan ke teman sekantor, atau cara lain.
    Untuk menjadi Agen, Anda harus menyediakan modal awal sebesar Rp 5 juta untuk kulakan baju ke PREVIEW. Karena ini bukan waralaba, tak ada franchise fee atau royalty fee. Sistem kerjanya sangat sederhana. Agen tinggal mengorder barang ke Staff Penjualan PREVIEW lalu memasarkannya. Kalau sudah habis, tinggal order lagi. PREVIEW tidak mengeluarkan katalog, karena setiap disain dibuat dalam jumlah terbatas untuk menjaga ke-ekslusifannya, untuk melihat grand disainnya, anda dapat mengakses http://www.houseofpreview.com kemudian klik produk dan anda dapat melihat sesuai kategori yang ada.

    Investasi Gold
    Pilihan kedua adalah paket Gold. Di sini PREVIEW menjual lisensi pemasaran produknya kepada si Investor. Ini cocok untuk Anda yang sudah memiliki toko busana dan ingin menambah koleksi busana buatan PREVIEW di toko Anda.
    Atas lisensi yang diberikannya, PREVIEW tidak memungut Joinning, dengan masa kerja sama satu tahun hingga tiga tahun. Ditambah dengan modal pembelian barang awal sebesar Rp 50 juta plus berbagai keperluan lain, untuk menjadi pemegang lisensi .
    Berbeda dengan sistem Silver, mitra yang membeli paket Gold akan memperoleh promo-kit, seperti katalog, x-banner, shopping bag, media iklan. Dalam sistem ini, tidak memungut biaya royalti. Tapi ada target penjualan : dalam setahun Inventor harus membeli produk minimal Rp 300 juta.

    Investasi Platinum
    Pilihan ketiga adalah paket Platinum. Dalam sistem outlet, investor berhak atas penjualan produk dan pemakaian nama di gerainya. Investor juga akan memperoleh konsultasi dan pelatihan.
    Modal awal ikut paket Platinum sekitar Rp 300 juta untuk masa kerja sama selama satu tahun. Ini sudah termasuk joining fee untuk satu tahun yang besarnya Rp 1 juta per tahun. Sisanya untuk pembelian barang PREVIEW . Lebih bagus lagi jika modal awal ditambah untuk pembelian perlengkapan toko seperti gantungan baju, mesin penghitung kasir, tas (shopping bag).
    Di luar modal, Investor harus pula menyediakan ruang yang luasnya minimal 12-16m2. Tempat bisa di ruko atau bangunan biasa yang lokasinya banyak dilalui orang. Yang jelas, Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, tempat yang bagus itu bukan hanya di mal. Tentu, tempat usaha itu juga harus didandani sesuai dengan standar yang sudah ditentukan .
    Tidak seperti sistem waralaba, tidak ada pungutan apapun baik royalty fee, maupun lisensi. Selain itu, untuk pemesanan barang dagangan selanjutnya, mematok pesanan minimal Rp 50 juta atau minimal 600 juta dalam setahun.
    Kalau lokasinya strategis, dekat dengan pasar yang disasar dan pelayanan juga memuaskan konsumen, dalam setahun diprediksi terwaralaba bisa mengantongi omzet Rp 1 miliar. Hal itu bukan tidak mungkin melihat pengalaman penjualan di outlet Preview.
    Dengan omzet mencapai Rp 1 miliar per tahun, plus margin 40%, Preview berani menargetkan investor akan balik modal dalam waktu 12 bulan. Itu hitungan konservatif. Kalau optimistis, dalam 6 bulan sudah balik modal, cuma pasar pakaian muslim tidak bisa dilihat dalam enam bulan, tapi juga harus melihat saat lebaran dan lebaran haji.

  9. saya kebetulan sering beli preview di TATUM SOLO untuk dijual lagi, yg ingin saya tau bgm cara untuk jd agen? apakah pake sistem satu tangan per daerah?

  10. koleksi busana muslim preview sy dah 5, belix di salon langganan di kota sy, cm akhir2 ini sy liat di toko lain hargax jauh lebih murah dr yg sy beli, sebenarx harga rata2 brp. kalo ada katalog tlg dkrm ya.

  11. Salam kenal,
    Saya zikry dari Aceh.
    Sy suka dg baju koko hasil karyanya mas Itang Yunasz. sampai2 utk acara kebesaran agama dan jum’atan sy selalu menjadikan pilihan utama baju desainer senior Itang Yunasz.
    Utk Aceh apa sdh ada agenya?
    Klo mau jd agen, gimana caranya ya?
    Terimakasih ats infonya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s