Lepas Henry, Arsenal Diambang Kehancuran?

Berita megejutkan tersiar dari London. Arsenal akhirnya bersedia melepas Thierry Henry ke Barcelona. Dan untuk itu, Barca harus merogoh kocek hingga 16 juta pounds (Rp 289 miliar), angka yang tergolong murah untuk pemain sekaliber Henry.

Dalam beberapa tahun terakhir, Henry memang selalu dikaitkan dengan tim Catalan itu. Bahkan, sebelum transaksi terjadi, sebuah harian terkemuka di Perancis telah memuat berita kepindahan Henry ke klub yang diasuh oleh Frank Rijkaard tersebut.

Kepergian Henry bisa berdampak besar bagi the gunners. Selain sebagai goal getter, Henry merupakan captain utama bagi klub yang diasuh oleh Arsene Wenger tersebut. Saking pentingnya, Henry bahkan dijuluki sebagai The King oleh para pendukung Arsenal.

henry.jpeg



Siatuasi seperti ini pernah juga dialami Arsenal beberapa musim lalu. Kala Patrick Vieira — yang kala itu juga menjabat sebagai captain dan menjadi maskot klub — memutuskan untuk bergabung dengan Juventus. Wenger kesulitan untuk mencari pemain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Vieira. Hingga akhirnya pria asal Perancis tersebut memplot pemain muda asal Spanyol, Francesc Fabregas untuk mengisi posisi tersebut.

Tapi, kepergian Henry kali ini bisa berdapak lebih besar bagi Arsenal. Sejak kedatangannya dari Juventus, Henry selalu menjadi pilihan utama lini depan Arsenal. Gol demi gol ia ciptakan. Produktivitasnya pun tak perlu diragukan lagi, karena ia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Arsenal.

Lantas, pertanyaannya, bisa apa Arsenal tanpa Henry? Memang, Wenger masih memiliki beberapa pemain yang bisa mengisi tempat yang ditinggalkan Henry. Sebut saja seperti Robin van Persie, Emmanuel Adebayor atau pemain masa depan Inggris, Theo Walcott. Tapi, berkaca pada pengalaman musim lalu, kala Henry harus istirahat panjang akibat cidera, the gunners tampak sangat kesulitan. Tak satu pun gelar direngkuh. Bahkan, diakhir musim, Arsenal harus puas duduk di peringkat empat, dibawah Man Utd, Chelsea, dan Liverpool. Dan ini menjadi pencapaian terendah bagi Arsenal sejak ditukangi oleh Wenger.

Manajer bergelar the professor tersebut sepertinya sangat sadar bahwa bomber yang dimilikinya saat ini tidak akan cukup untuk mengarungi berbagai kompetisi yang bakal dilakoni Arsenal musim depan. Untuk itu, ia pun mulai membidik beberapa bomber baru, dan salah satunya adalah “si anak hilang” Nicolas Anelka. Selain bomber yang sempat menjadi punggawa Arsenal tersebut, seperti biasa, Wenger juga membidik pemain dari kategori young guns, yaitu Ryan Babel dan Klaas Jan Huntelaar.

Jika dua nama terakhir yang bergabung, maka Arsenal akan semakin dipenuhi oleh pemain-pemain muda yang minim pengalaman. Dan rasanya akan sangat sulit bagi mereka untuk bersaing dengan klub-klub lainnya, utamanya di Premier League musim ini.
Nasib Arsenal juga akan bertambah tak menentu jika Wenger pun memutuskan untuk hengkang di akhir musim nanti. Pasalnya, akan sangat sulit mencari manajer yang bisa dibebani dengan target tinggi, tapi dengan dukungan pemain yang sebagian besar adalah pemain muda belia.

2 pemikiran pada “Lepas Henry, Arsenal Diambang Kehancuran?

  1. Henry memang pemain hebat, saya penggemar Liga Inggris merasa persaingan antara jago-jago Inggris seperti Manchester United, Liverpool, Chelsea dan Arsenal sudah seperti hambar tanpa kehadiran Titi (Tierry Henry) tapi kita tunggu aja kejutan-kejutan baru dari arsenal yang di tunggangi Arsene Wenger.

  2. saya melihat bahwa dinamika “jual beli pemain” [dibaca: kepindahan pemain] adalah fenomena yang tidak bisa dipungkiri dalam dunia sepakbola profesional.

    jika henry harus pindah ke klub, mungkin ada ‘blessing in disguise’ utk arsenal..misal arsenal tidak perlu tergantung dengan satu orang. saya rasa pemain2 muda arsenal sudah cukup matang untuk menggantikan peran “sang Raja”. biarlah yang muda-muda merekah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s