Menyongsong EPL 07/08

English Premier League (EPL) 2007/2008 akan segera bergulir pada 11 Agustus 2007. Persaingan antar klub peserta kompetisi sepak bola termahal di dunia ini pun kian panas. Setiap klub berusaha untuk melengkapi komposisnya dengan mendatangkan pemain-pemain baru. Tak hanya klub papan atas yang selalu menjadi unggulan, seperti Arsenal, Chelsea, Manchester United dan Liverpool, klub-klub medioker juga aktif du transfer window pertama ini. Sebut saja seperti Wesh Ham United, Portsmouth, Everton, dan Tottenham Hotspur. Untuk itu, tak jarang mereka harus merogoh koceknya dalam-dalamnya.

epl.jpeg


Sampai tulisan ini dibuat, Manchester United menjadi klub yang paling royal dalam transfer window pertama ini. Tak kurang dari 60 juta pound sudah dikeluarkan oleh setan merah untuk mendatangkan pemain-pemain baru, seperti Luis CArlos Almeida da Cunha atau yang akrab disapa Nani dari Sporting Lisbon (Portugal), Anderson Luis de Abreu Oliveira dari FC Porto (Portugal) dan Owen Hargreaves dari Bayern Munich (Jerman). Kabar terakhir menyebutkan bahwa MU pun berhasil merekrut Carlos Tevez dari Wesh Ham dengan status pinjaman selama 2 tahun (dapat diperpanjang hingga 3 tahun atau dipermanenkan dengan harga 20 juta pound).
Kehadiran pemain-pemain baru tersebut akan membuat pilihan Sir Alex Fergusson khususnya dilini tengah menjadi kian beragam. Pasalnya, di lini ini, MU hanya kehilangan Kieran Richardson yang hijrah ke Middlesbrough.

Selain Man Utd, Liverpool juga sangat aktif di bursa transfer pertama ini. Jumlah uang yang dikeluarkan The Reds juga sangat besar. Bahkan, mereka menciptakan rekor transfer baru untuk klubnya kala mendatangkan Fernando Torres dari Atletico Madrid.

Selain Torres, Liverpool juga mempertajam barisan depannya dengan mendatangkan Andriy Voronin secara gratis dari Bayern Liverkusen dan Ryan Babel dari Ajax yang juga dapat difungsikan sebagai striker. Dengan datangnya tiga bomber tersebut, Liverpool diyakini akan lebih produktif, karena mereka masih tetap mempertahankan Dirk Kuyt dan Peter Crouch.

Dilini tengah, Liverpool mendatangkan Yossi Benayoun dari West Ham.

Bagaimana dengan Chelsea?. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, klub besutan Jose Mourinho ini tidak terlalu agresif pada bursa transfer kali ini. Chelsea hanya mendatangkan Steve Sidwell (Reading), Claudio Pizarro (Bayern Munchen), Tal Ben Haim (Bolton), Florent Malouda (Lyon) serta Alex (PSV). Bahkan, tiga nama pertama didapatkan Chelsea secara gratis.

Arsenal? Musim ini The Gunners akan semakin “muda” setelah melepas maskotnya, Thierry Henry ke Barcelona dan juga Fredrik Ljungberg ke West Ham. Kini, squad besutan Arsene Wenger semakin penuh oleh anak-anak muda. Pasalnya, rekrutan baru Arsenal juga tergolong masih muda, seperi Bacary Sagna, Eduardo Da Silva atau Lukazs Fabianski.

Selain tim-tim yang secara tradisional selalu diunggulkan tersebut, yang patut juga dicermati adalah Tottenham Hotspur. Klub besutan Martin Jol ini juga mendatangkan beberapa pemain baru yang cukup berkelas, seperti Gareth Bale, Darent Bent, dan masih banyak lagi. Spurs diyakini akan menjadi kuda hidam pada EPL musim ini.

Ada juga Manchester City yang tahun ini mulai dibesut oleh pelatih kawakan Sven Goran Ericsson. Masuknya mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Sinawatra juga memberi peluang pada Ericsson untuk membenahi squadnya. Beberapa pemain baru sudah meramaikan tim yang bermarkas di City of Manchester Stadium ini. Salah satunya adalah Vallery Bojinov yang didatangkan dari Fiorentina.

Melihat perkembangan hingga saat ini, rasanya “the big four” masih akan tetap menjadi unggulan utama untuk menjuarai EPL 07/08. Hanya saja, khusus untuk Arsenal dan Chelsea, akan sedikit mengalami kendala dalam perebutan titel tahun ini. Pasalnya kedua kesebesalan ini cukup banyak dihuni oleh pemain asal benua hitam. Pada awal tahun 2008, pagelaran piala Afrika akan digelar, sehingga pemain-pemain yang berasal dari negara-negara Afrika akan menunaikan tugas bela bangsa yang memakan waktu sekitar 1 bulan.

Chelsea termasuk yang paling dirugikan oleh event pilasa Afrika ini. Pasalnya beberapa andalan Chelsea, merupakan pemain asal Afrika, seperti Drogba, Essien, dan Mikel. Bagi Mourinho, yang paling sulit adalah mencari pengganti Drogba, pasalnya Shevchenko hingga saat ini belum “in” dengan irama permainan Chelsea. Pizzaro? Masih harus diuji dulu.

Pastinya, EPL 07/08 akan sangat menarik untuk disimak. Sayang, hingga saat ini belum ada stasiun televisi nasional yang menyatakan akan menayangkan kompetisi sepak bola di negeri Ratu Elisabeth ini. Trans7 yang selama ini menayangkan siaran langsung EPL sudah memastikan untuk tidak lagi menayangkannya, karena harga hak siarnya yang sudah kelewat tinggi. Kabarnya Lativi berminat untuk menayangkan EPL. Kita doakan saja.

4 pemikiran pada “Menyongsong EPL 07/08

  1. Banyak yang mengira Arsenal bakal mengalami penurunan performa setelah ditinggal Henry dan dedengkot Ljungberg, tapi saya justru melihat sebaliknya, berdasarkan hasil uji coba Arsenal di berbagai pertandingan termasuk Emirates Cup, Arsenal bermain sangat bagus. Sir Fergie juga menilai Arsenal masih berbahaya.

    Dan untuk MU; Banyaknya pemain yang direkrut tidak lain adl obsesi Sir Fergie untuk membangun kekuatan di ajang eropa, kekalahan MU, 3-0 atas AC Milan di liga champion menandakan MU masih jago kandang dibanding Liverpool. Namun demikian saya tetap Red Devils lover krn saya besar bersama kontroversi-nya The King Eric

    Viva MU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s