12 Sudah, 4 Lagi Milik Siapa?

Kualifikasi Euro 2008 yang berlangsung pada akhir pekan lalu berhasil meloloskan 6 kontestan, yaitu Polandia, Italia, Perancis, Kroasia, Spanyol dan Belanda. Meraka menyusul 6 tim yang sudah lolos sebelumnya, yaitu tuan rumah Austria dan Swiss, Republik Ceko, Jerman dan Rumania. Empat jatah tersisa pada turnamen terbesar nomor dua di dunia akan ditentukan pada midweek ini. Siapa menyusul?

euro2008.jpeg

Dari grup A, dua gol yang dilesakkan Ebi Smolarek ke gawang Belgia berhasil mengantarkan Polandia mengamankan satu tiket putaran final turnamen empat tahunan ini. Sementara itu, kemenangan 1-0 yang dibukukan Portugal atas Armenia belum bisa memastikan runner-up Euro 2004 ini untuk melangkah ke Austria-Swiss pada tahun mendatang. Pasalnya, pada saat bersamaan, Finlandia berhasil meraup angka penuh saat membungkam Azerbaijan 2-1. Satu tiket tersisa dari grup ini akan ditentukan dari hasil pertandingan “final” antara Portugal vs Finlandia yang akan berlangsung di Estádio do Dragão – Porto. Dalam pertandingan ini, Christiano Ronaldo cs hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa menemani Polandia melangkah ke putaran final.

Di grup B, Scotlandia gagal membuat kejutan. Tampil ciamik pada awal kualifikasi, negeri Britania Raya ini akhirnya gagal mendapat predikat sebagai “pembunuh raksasa”. Dua kekalahan beruntun yang diderita Darrent Flatcher dkk, yaitu 2-0 dari Georgia dan 1-2 dari Italia memupus impian Scotlandia. Padahal, hingga leg ke-10, tim ini masih menjadi pemuncak grup B. Keberhasilan Italia menekuk The Tartan Army di Hampden Park, Glasgow tak hanya mengantarkan juara piala dunia 2006 itu lolos ke Austria-Swiss, tapi juga meloloskan runner-up piala dunia 2006, Perancis. Satu pertandingan sisa yang akan digelar oleh Perancis dan Italia sudah tidak akan mempengaruhi hasil di grup B.

Dari grup C, Turki memperbesar peluangnya untuk mendampingi juara bertahan Yunani untuk lolos ke putaran final berkat kemenangan 1-2 atas tuan rumah Norwegia. Turki akan memastikan satu tempat di putaran final jika berhasil mengalahkan Bosnis-Herzegovina pada pertandingan terakhir. Jika Turki tidak berhasil mencetak angka penuh pada pertandingan tersebut, Norwegia sangat mungkin menjadi wakil kedua dari grup ini. Pasalnya, Morten Gamst Pedersen dkk hanya akan menghadapi Malta, juru kunci grup C.

Di grup D, hasil pertandingan pada weekend tidak lah berarti apa-apa. Kemenangan telak (4-0) yang dibukukan Jerman atas Siprus, serta keberhasilan Ceko mengalahkan Slovakia 3-1 semakin mengokohkan dominasi kedua tim di grup ini. Keduanya sudah memastikan lolos sejak leg sebelumnya.

Persaingan sengit justru terjadi di grup E. Walau menderita kekalahan 0-2 dari Macedonia, Kroasia tetap memastikan lolos ke putaran final. Adalah kekalahan 2-1 Rusia atas tuan rumah Israel yang memuluskan langkah Niko Kovač cs untuk lolos ke Austria-Swiss tahun depan. Kekalahan yang diderita Rusia juga membuat nasib tim besutan Gus Hiddink berada di ujung tanduk. Nasib tim beruang merah akan sangat bergantung pada hasil pertandingan Inggris vs Kroasia di stadion Wembley. Jika Inggris minimal bisa menahan seri Kroasia, maka impian Rusia untuk tampil di putaran final akan sirna. Namun, jika John Terry cs terpeleset (baca : kalah), maka Rusia lolos, dengan syarat mereka harus bisa meraih angka penuh saat tandang ke kandang Andorra.

Kemenangan 3-0 yang dibukukan Spanyol atas Swedia di Santiago Bernabue memastikan langkah tim matador sebagai wakil grup F berangkat ke Asutria-Swiss tahun depan. Satu tempat tersisa akan diperebutkan Swedia dan Irlandia Utara. Peluang Ibharimovic dkk masih terbuka lebar. Mereka hanya membutuhkan hasil seri ketika menjamu Latvia di stadion Råsunda – Solna. Sedangkan Irlandia Utara harusmenghadapi pertandingan berat, karena harus tandang ke Gran Canaria menghadapi Spanyol.

Terakhir, kemenangan kurang meyakinkan (1-0) Belanda atas Luksemburg sudah cukup untuk menutup peluang Bulgaria untuk menemani Rumania sebagai wakil grup G. Padahal, Bulgaria sudah tampil gagah berani dengan menaklukkan pimpinan klasemen di grup ini, Rumania lewat gol tunggal Dimitrov pada menit ke enam. Walau lolos, pasukan Orange tetap mendapat kritik tajam dari fansnya, karena dalam dua pertandingan terakhir, tim besutan Marco van Basten ini tampil kurang greget.

Akan kah Portugal, Turki, Inggris dan Swedia yang akan merebut sisa empat tempat di putaran final Euro 2008? Atau malah Finlandia, Norwegia, Rusia atau Irlandia Utara yang bakal lolos? Kita tunggu hasil pertandingan midweek ini.

Pastinya, hingga akhir putaran kualifikasi, tim-tim bertradisi kuat seperti Italia, Perancis, Inggris atau Spanyol belum bisa menunjukkan dominasinya. Hanya Jerman yang menunjukkan kinerja yang cukup baik selama masa kualifikasi.

Memang masih sangat sulit untuk menebak siapa yang bakal tampil sebagai juara Euro 2008, tapi setidaknya perjalanan selama babak kualifikasi menunjukkan bahwa kini sudah tidak ada lagi negara yang sangat dominan di Eropa.

2 pemikiran pada “12 Sudah, 4 Lagi Milik Siapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s